Wednesday, March 28, 2012

Demo BBM, Mahasiswa Makassar Serang Showroom

Ratusan mahasiswa di Makassar menyerang dan merusak sebuah showroom mobil saat menggelar aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Rabu, 28 Maret 2012.

Showroom yang jadi sasaran pengrusakan merupakan milik Proton dan Mercedez Benz di Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Mahasiswa dari STIMIK Dipanegara yang sebelumnya memblokir Jalan depan kampus mereka, secara tiba-tiba mendatangi showroom yang berjarak sekitar 100 meter dari kampus mereka.

Akibatnya, kaca bagian depan showroom hancur berantakan. Tak hanya itu, sejumlah mobil yang diparkir di halaman juga mengalami pecah di bagian kaca.

Serangan tiba-tiba dari mahasiswa ini membuat karyawan ketakutan dan panik. Namun demikian, sebagian karyawan memberanikan diri melawan mahasiswa dengan membalas lemparan dari mahasiswa. Aksi saling lempar terjadi sekitar 10 menit.

Tak berselang lama, ratusan mahasiswa ini pun kemudian mundur dan kembali ke depan kampus mereka.

Dalam orasinya, mahasiswa menganggap Proton dan Mercedes Benz bagian dari perusahaan asing yang berperan penting dalam pemerintah SBY-Boediono.

“Mereka adalah perusahaan-perusahaan kapitalis yang menyetir kebijakan-kebijakan SBY termasuk menaikkan BBM,” teriak salah seorang pengunjukrasa.

Aksi yang berlangsung sekitar 4 jam, berakhir ketika malam sudah tiba. Tidak ada satupun anggota polisi yang terlihat mengawal aksi tersebut.